Tuesday, October 9, 2012

Cara Mengupas Sayuran

Hai Sahabat,

Mengupas Sayuran
|Mengupas Sayuran|
Ada beberapa sayuran sebelum kita proses menjadi masakan, harus kita mengupas sayuran itu terlebih dahulu dan sebelum mengupas sayuran, lebih awal lagi kita harus mencuci sayuran dimaksud.

Mengupas Sayuran


Sayuran jenis buah seperti mentimun cara mengupas sayuran ini sebagai berikut :

1. Potonglah terlebih dahulu kedua ujung sayuran ini.
2. Pegang sayuran dengan tangan kiri kita, ujung yang lebih besar dekat dengan badan.
3. Mulai mengupas menggunakan alat pengupas atau disebut peeler yang dimulai dari bagian terjauh dari badan kita.
4. Kotoran dikumpulkan, jangan lupa dibuang di tempat sampah :)

Nah, khusus untuk kentang yang sudah dikupas agar direndam pada air dingin sampai tidak ada bagian kentang yang bersentuhan dengan udara bebas ( O2 ) agar kentang tidak berunah warna menjadi kecoklatan. Perubahan warna kentang ini mempengaruhi penampilan maupun kwalitas kentang ini.

Mengupas Tomat


Kulit tomat yang tipis tidak dikupas dengan peeler dan proses pengupasannya sebagai berikut :

1. Panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih.
2. Sambil menunggu air panas, potong bagian bekas tangkai tomat lalu kita toreh berbentuk tanda X pada ujung tomat.
3. Masukkan tomat pada air mendidih sebentar saja hingga bagian torehan berbentuk X terlihat mengelupas.
4. Angkat tomat dan kita masukkan kedalam air dingin sebagai penghentian prose pemanasan. Mulai mengupas tomat pada bagian kulit yang tipis dengan pisau sampai bersih.

Selamat mencoba dan praktek aneka resep, semoga bermanfaat.

+++ INFO PENTING +++
Cari Peralatan Dapur ? Silahkan Cek Keperluan dan Harganya

lazada.com

Cara Mencuci Sayuran

Persiapan awal sebelum kita memulai memasak untuk mencoba resep masakan yang bahan-bahannya menggunakan bahan sayuran adalah mencuci sayuran, mengupas sayuran bila diperlukan, kemudian memotong sayur tersebut sesuai topik masakan yang selanjutnya kita akan olah sesuai resep masakan.

Mencuci Sayuran Daun

 

mencuci sayuran daun
Mencuci Sayuran Daun
Berbagai sayuran daun antara lain : daun selada, daun bayam, daun seledri, piterseli, sawi hijau, kol, kangkung, dll dicuci pada air yang tergenang pada tempat seperti baskom. Cara mencuci sayuran daun ini adalah :
  1. Tuang air dingin pada bowl atau sink atau baskom sebagai tempat untuk mencuci sayur
  2. Potong terlebih dahulu bagian sayur yang rusak, daun tua, busuk atau bagian daun yang kita anggap tidak diperlukan
  3. Masukkan sayuran kedalam baskom yang sudah berisi air, dikocok perlahan agar kotoran yang berat tenggelam dan kotoran yang ringan mengambang ke permukaan baskom
  4. Kita angkat sayuran yang sudah bersih lalu tiriskan dan sayuran sudah siap di olah selanjutnya

 

Mencuci Kembang Kol, Broccoli


Pada bagian dalam kembang kol dan broccoli terkadang di huni oleh hama ulat atau serangga lainnya yang perlu kita bersihkan terlebih dahulu sebelum memprosesnya. Cara mencuci sayuran kembang kol dan sayuran broccoli ini adalah :
  1. Tuang air dingin pada bowl atau sink atau baskom dengan menambahkan cuka dan garam secukupnya lalu diaduk agar larut secara merata.
  2. Potong bagian kembang kol dan broccoli yang tidak kita perlukan
  3. Masukkan kembang kol dan broccoli ke dalam baskom yang sudah berisi cuka dan garam, rendam dan biarkan beberapa saat agar serangga yang bersarang di kembang kol dan broccoli keluar dan mengambang
  4. Angkat & tiriskan, siap untuk kita olah menjadi masakan kesukaan :)

 

Mencuci Bawang Daun ( Leek )


Bentuk sayuran ini berbentuk batang semu yaitu batangnya terbentuk dari lapisan-lapisan pelepah daun. Bawang daun pada pangkalnya  tersimpan kotoran tanah, debu, bebatuan dll dan cara mencuci sayuran bawang daun adalah :
  1. Potong terlebih dahulu bagian akarnya
  2. Buang daun dan lapisan pelepah yang tua, rusak, dll
  3. Belahlah bagian ujung pangkal daun
  4. Buka dan cuci pada bagian lapisan pangkal daun dengan air yang mengalir, air mengalir bisa dari stop air kran sehingga kotoran ikut terbawa oleh aliran air.

Mencuci Sayuran Buah dan Umbi


Mencuci sayuran jenis sayuran buah, umbi, dan jenis sayuran sejenis ini tidaklah memerlukan perlakuan khusus seperti jenis sayuran sebelumnya. Sayuran jenis buah dan umbi cukup dicuci pada air yang mengalir atau air yang tergenang dengan tempat seperti baskom karena jenis sayuran ini tidak ada bagian-bagian khusus yang menyimpan kotoran.

Artikel ini bisa sebagai referensi untuk membiasakan kita mencuci sayuran secara teori sebelum memproses menjadi olahan kesukaan supaya lebih hygenis :), semoga artikel ini bermanfaat.


++++++++++++ INFO PENTING +++++++++++++
Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak, Cobalah Berbelanja Secara Online dengan Mudah dan Gampang, Bisa Pilih Tanpa Keluar Rumah dan Cek Pula Harga Diskonnya ...

lazada.com

Monday, October 8, 2012

Bentuk Potongan Sayuran

bentuk potongan sayuran
Bentuk Potongan Sayuran
Seni kuliner internasional atau seni mengolah makanan, negara Perancis dikenal sebagai tempat asal seni kuliner ini dan Perancis juga dikenal dengan sebutan The Home of the Food. Nah bagi anda yang suka mencoba aneka resep seperti resep makanan, perlu tahu beberapa teori dasar terkait dengan dunia aneka resep dalam kasus ini kita perlu tahu beberapa bentuk potongan sayuran.

Dalam memotong sayur, yang perlu diperhatikan adalah "keseragaman potongan sayuran" baik bentuk dan ukuran potongan sayurannya.

Beberapa Bentuk Potongan Sayuran


  1. Julienne : Bentuk potongan sayuran ini berbentuk seperti kayu batang korek api atau seperti balok kurus kecil dengan ukuran 30x1x1 mm
  2. Brunose : Bentuk potongan sayuran berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1x1x1 mm
  3. Jardiniere : Bentuk potongan sayuran seperti balok agak besar dengan ukuran 30x10x10 mm
  4. Macedoine / Dice / Cube : Bentuk potongan sayuran seperti dadu dengan ukuran 10x10x10 mm atau 1x1x1 cm
  5. Paysanne : Bentuk potongan sayuran berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 10x10 mm ketebalan 1-2 mm
  6. Losange : Bentuk potongan sayuran seperti belah ketupat atau diamond dengan ukuran 10x10 mm ketebalan 1-2 mm
  7. Wedges : Bentuk potongan sayuran ini bergerigi atau juring, biasanya sayur atau buah yang dipotong berbentuk bulat seperti tomat, lime, orange, dll
  8. Turning / Barrel Shaped : Bentuk potongan sayuran seperti gentong kayu untuk membuat anggur atau bentuk potongan sayuran menyerupai bentuk telor berpenampang 6 (enam)
  9. Chiffonade : Bentuk potongan sayuran ini seperti potongan tembakau sirih, biasanya sayur yang dipotong bentuk chiffonade adalah daun selada, dan daun kol. Daun selada terlebih dahulu di gulung lalu dipotong melintang dengan ketebalan 3-4 mm
  10. Chopped : Bentuk potongan sayuran adalah hasil dari cincangan. Bentuk cincangan bisa halus dan kasar sesuai kebutuhan
Sebagai catatan, bahwa sebelum memotong sayuran menjadi bentuk yang diinginkan haruslah sayuran yang sudah dalam kondisi bersih dan sudah dikupas bila memerlukan pengupasan terlebih dahulu. Bagaimana teknik memotong sayuran, silahkan klik bentuk potongan sayuran diatas. Selamat mencoba dan praktek membuat bentuk potongan sayuran sesuai kebutuhan.


+++++++++++++ INFO PENTING +++++++++++++

Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak Bisa Di Dapat Disini.

lazada.com

Membuat Sop Buntut

membuat sop buntut
Sop Buntut
Sop Buntut, masakan ini terbuat dari buntut sapi dan rasanya mak nyusss :), agar bisa menikmati dengan kocek cukup, tinggal mencari pada penjual sop buntut K5 yang rasanya nikmat tidak kalah dengan masakan di restaurant. Yuk kita mulai praktek membuat sop buntut.


Resep Sop Buntut


  1. 500 gr Buntut Sapi
  2. 400 gr Bawang Merah
  3. 100 gr Bawang Putih
  4. 200 gr Bawang Pre / Leek
  5. 100 gr Wortel
  6. 100 gr Kentang
  7. 100 gr Tomat
  8. 25 gr Seledri
  9. 100 gr Margarine
  10. Pala
  11. Cengkeh
  12. Garam
  13. Merica
  14. Kecap Asin
  15. Kecap Manis
  16. MSG

Hasil Resep Sop Buntut


  • Hasil bersih 10 porsi
  • Ukuran porsi 2 DL

Cara Membuat Sop Buntut


  1. Potong buntut sapi menjadi potongan kecil dan rebus dengan air kurang lebih 3 ltr air biasa sampai menjadi kaldu
  2. Iris melintang bagian putih dari bawang pre, tomat dipotong berbentuk wedges/bergerigi, wortel dan kentang dipotong dice/berbentuk kotak. Daun seledri dicincang agak kasar untuk garnish
  3. Iris 150 gr bawang merah dijadikan sebagai bawang goreng. Haluskan sisa bawang merah (250 gr), cengkeh, dan 100 gr bawang putih menjadi bumbu sop
  4. Panaskan margarine pada pan, tambahkan bumbu sop dan bumbu bawang merah lalu di saute hingga layu, kemudian tambahkan juga potongan wprtel, kentang, bawang pre dan kaldu. Aduk dan panaskan sampai semua sayuran matang
  5. Bumbui dengan pla halus, garam, merica, kecap manis, kecap asin dan MSG. Cek rasa dan tambahkan cuka sebelum dihidangkan
  6. Pisahkan daging dan tulang buntut sapi, potong bagian daging berbentuk kotak berukuran 1 cm
  7. Tuangkan 2 dl sop buntut ke dalam cup atau mangkok, garnish dengan daging buntut, daun seledri, dan bawang goreng dan sop buntut siap di hidangkan.
Just info saja, untuk sop buntut di Indonesia daging dan tulang buntut tidak dipisahkan, sedangkan di Eropa, sop buntut hanya dihidangkan bagian daging yang kenyal saja.

Selamat mencoba dan praktek membuat sop buntut.

++++++++++++ INFO PENTING ++++++++++++

Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak Bisa Di Dapat Disini.

lazada.com

Sunday, October 7, 2012

Membuat Acar

Acar biasanya disajikan dirumah makan chinese food, bila anda penggemar acar bisa kita coba resep acar disini. Yuk kita mulai praktek membuat acar.

membuat acar

Resep Acar

  1. Timun / Cucumber 500 gr
  2. Wortel / Carrotes 100 gr
  3. Cabe / Green Chilli 10 pc
  4. Air 5 dl
  5. Cuka / Vinegar 2 dl
  6. Gula
  7. Garam

Hasil Resep Acar


  • Hasil Besih 10 Porsi
  • Ukuran Porsi 25 gr (Accoopaniment)

Cara Membuat Acar


  1. Kupas timun, lalu buang bijinya dan potong menjadi Jardiniere (berbentuk balok)
  2. Kupas juga wortel dan dipotong berbentuk  Jardiniere 
  3. Kita panaskan air sampai mendidih, tambahkan cuka, garam, dan gula secukupnya
  4. Tuang cabe, potongan mentimun dan wortel kedalam air mendidih selama 1 (satu) menit
  5. Keluarkan dari api, biarkan acar berikut cairannya sampai dingin
  6. Acar siap dihidangkan (dihidangkan hanya sayurannya saja)
Mudah kan membuat acar ? Nah kalau acar segar, dibuat dengan cara mencampur semua sayuran tadi dengan cuka, gula, dan garam secukupnya tanpa direbus. Selamat mencoba praktek membuat acar.

+++++++++++ INFO PENTING ++++++++++++
Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak Bisa Di Dapat Disini.

lazada.com

Membuat Nasi Uduk

Nasi uduk juga disebut nasi lemak sangat nikmat rasanya. Nasi uduk ini merupakan makanan favorit saya, bagaimana dengan anda ? Yuk, kita praktek membuat nasi uduk dan nasi uduk sangat cocok bila dihidangkan dengan Ayam Goreng, Sate, Asin, Tempe, Opor Ayam ataupun dengan Semur.

membuat nasi uduk

Resep Nasi Uduk


  1. Ambil 700 gr Beras
  2. Air Santan 1 Kelapa
  3. Sereh
  4. Daun Pandan
  5. Garam

Hasil Resep Nasi Uduk


  • Hasil bersih  untuk 10 Porsi
  • Ukuran Porsi @ porsi 100 gr

Cara Membuat Nasi Uduk


  1. Terlebih dahulu cuci berasnya dan kukus sampai menjadi aron (setengah matang)
  2. Santan kita panaskan bersama-sama daun pandan dan sereh, dengan nyala api sedang sampai mendidih (harap diperhatikan : hati-hati supaya santan tidak pecah ya). Tambahkan garam secukupnya.
  3. Lakukan perendaman aron beras dengan hasil santas yang telah dipanaskan dan tunggu sampai semua santan terserap. Banyaknya santan supaya disesuaikan dengan jumlah dan jenis beras
  4. Kukus aron sampai matang
  5. Nasi uduk sudah siap dihidangkan, lebih nikmat dimakan selagi masih panas.
Selamat mencoba resep membuat nasi uduk dan selamat menikmati

+++++++++++++ INFO PENTING +++++++++++++

Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak Bisa Di Dapat Disini.

lazada.com