Tuesday, October 9, 2012

Cara Mencuci Sayuran

Persiapan awal sebelum kita memulai memasak untuk mencoba resep masakan yang bahan-bahannya menggunakan bahan sayuran adalah mencuci sayuran, mengupas sayuran bila diperlukan, kemudian memotong sayur tersebut sesuai topik masakan yang selanjutnya kita akan olah sesuai resep masakan.

Mencuci Sayuran Daun

 

mencuci sayuran daun
Mencuci Sayuran Daun
Berbagai sayuran daun antara lain : daun selada, daun bayam, daun seledri, piterseli, sawi hijau, kol, kangkung, dll dicuci pada air yang tergenang pada tempat seperti baskom. Cara mencuci sayuran daun ini adalah :
  1. Tuang air dingin pada bowl atau sink atau baskom sebagai tempat untuk mencuci sayur
  2. Potong terlebih dahulu bagian sayur yang rusak, daun tua, busuk atau bagian daun yang kita anggap tidak diperlukan
  3. Masukkan sayuran kedalam baskom yang sudah berisi air, dikocok perlahan agar kotoran yang berat tenggelam dan kotoran yang ringan mengambang ke permukaan baskom
  4. Kita angkat sayuran yang sudah bersih lalu tiriskan dan sayuran sudah siap di olah selanjutnya

 

Mencuci Kembang Kol, Broccoli


Pada bagian dalam kembang kol dan broccoli terkadang di huni oleh hama ulat atau serangga lainnya yang perlu kita bersihkan terlebih dahulu sebelum memprosesnya. Cara mencuci sayuran kembang kol dan sayuran broccoli ini adalah :
  1. Tuang air dingin pada bowl atau sink atau baskom dengan menambahkan cuka dan garam secukupnya lalu diaduk agar larut secara merata.
  2. Potong bagian kembang kol dan broccoli yang tidak kita perlukan
  3. Masukkan kembang kol dan broccoli ke dalam baskom yang sudah berisi cuka dan garam, rendam dan biarkan beberapa saat agar serangga yang bersarang di kembang kol dan broccoli keluar dan mengambang
  4. Angkat & tiriskan, siap untuk kita olah menjadi masakan kesukaan :)

 

Mencuci Bawang Daun ( Leek )


Bentuk sayuran ini berbentuk batang semu yaitu batangnya terbentuk dari lapisan-lapisan pelepah daun. Bawang daun pada pangkalnya  tersimpan kotoran tanah, debu, bebatuan dll dan cara mencuci sayuran bawang daun adalah :
  1. Potong terlebih dahulu bagian akarnya
  2. Buang daun dan lapisan pelepah yang tua, rusak, dll
  3. Belahlah bagian ujung pangkal daun
  4. Buka dan cuci pada bagian lapisan pangkal daun dengan air yang mengalir, air mengalir bisa dari stop air kran sehingga kotoran ikut terbawa oleh aliran air.

Mencuci Sayuran Buah dan Umbi


Mencuci sayuran jenis sayuran buah, umbi, dan jenis sayuran sejenis ini tidaklah memerlukan perlakuan khusus seperti jenis sayuran sebelumnya. Sayuran jenis buah dan umbi cukup dicuci pada air yang mengalir atau air yang tergenang dengan tempat seperti baskom karena jenis sayuran ini tidak ada bagian-bagian khusus yang menyimpan kotoran.

Artikel ini bisa sebagai referensi untuk membiasakan kita mencuci sayuran secara teori sebelum memproses menjadi olahan kesukaan supaya lebih hygenis :), semoga artikel ini bermanfaat.


++++++++++++ INFO PENTING +++++++++++++
Untuk Pembelian Produk Berbagai Perlengkapan Masak, Cobalah Berbelanja Secara Online dengan Mudah dan Gampang, Bisa Pilih Tanpa Keluar Rumah dan Cek Pula Harga Diskonnya ...

lazada.com

1 comment:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete